Rabu, 06 Februari 2013

Serabi Kinca

Bosan dirumah. Ngajak jalan temen ke pasar bawah. Niat hati pengen nyari properti foto yang lucu-lucu (dengan harga murah). Pulang-pulang dapet banyak hihihihi. Termasuk cetakan serabi wajan, pengennya sih cetakan yang dari tanah liat kayak abang-abang yang jualan. Tapi disini susah cari bahan tanah liat gitu (atau aku yang gatau tempatnya ya hehehe)

Ini kali kedua bikin serabi. Yang pertama kurang sukses karena make teflon ukuran 10cm, jadi bentuknya kayak telor ceplok gitu, datar aja. Kali kedua ini, bentuknya cantik, agak cekung tapi tetep ga puas. Kenapa serabiku ga bolong-bolong??? Yang bolong bagus bisa diitung jari, sisanya datar alus kayak kue lumpur..
Pas difoto ditata yang bagus-bagus taruh depan hihihihihi. Maap yang jelek di umpetin aja ya. Harus banyak latihan sepertinya, supaya tau trik biar bagus semua hasilnya. Kalo rasanya sih udah enak, lembut. Dan karena dipanggang di wajan besi, jadi ada rasa-rasa gosong khas serabi gitu. Dimakan besoknya juga masih lembut.

Tips yang menggunakan wajan besi: panaskan wajan sebelum diisi adonan, tuang kelapa parut di masing-masing lubangnya, tekan-tekan sampai kluar minyaknya&kelapa kering. Buang kelapa, lalu masak adonan dengan api kecil. Tuang adonan ketika wajan sudah panas benar. Masukkan adonan 1 sendok sayur, lalu tekan adonan dengan sendok sayur, biar kulit bagian luarnya tipis&kecoklatan.

Sumber : Sedap 3/XI/2010

Bahan :
175 gram tepung terigu protein sedang
½ sdt garam
1 butir telur, kocok lepas
500 ml santan dari ½ butir kelapa
50 ml air daun suji (dari 25 lembar daun suji dan 4 lembar daun pandan)
1 sdt baking powder

Bahan saus :
400 ml santan dari ½ butir kelapa
125 gram gula merah, sisir halus
Sejumput garam
2 lembar daun pandan, simpulkan

Cara membuat :
1. Panaskan cetakan serabi dari tanah liat yang diberi parutan kelapa. Aduk-aduk kelapa sampai berminyak. Buang kelapanya. Sisihkan.
2. Rebus santan sambil diaduk sampai mendidih. Ukur 450 ml santan. Biarkan hangat.
3. Aduk rata tepung terigu, garam dan telur. Masukkan santan dan air daun suji sedikit-sedikit sambil diuleni sampai rata. Keplok-keplok 20 menit. Diamkan 30 menit.
4. Tambahkan baking powder. Aduk rata
5. Tuang di cetakan serabi yang sudah dipanaskan. Biarkan berlubang. Kecilkan api. Tutup dan biarkan sampai matang.
6. Saus : rebus santan, gula merah, daun pandan dan garam sambil diaduk sampai mendidih.
7. Sajikan serabi beserta sausnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar