Rabu, 30 Januari 2013

Banana Cheese Muffin


Pengen banget bikin cake pisang. Tapi males kalo musti beli pisang khusus buat bikin cake. Soalnya palingan cuma butuh 3-5biji aja. Pas blanja ke warung deket rumah, eh ada pisang udah mateng banget&bisa beli eceran. Ta udah, bungkus buk!
Searching sana sini, cari resep yang paling gampang&bahannya ada dirumah, akhirnya nemu resep di blognya mbak Yulyan tertarik dengan fotonya yang cantik!
Punya paper cup nganggur, jadi bikin muffin aja. Penasaran dengan cara bikin muffin, no mixer! Aduknya pun ga boleh terlalu banyak, ntar bantat. 
Sebenernya ini kali kedua aku nyoba bikin muffin, yang pertama sudah tentu gatot! Keraaas kaya batu. Kata suami "coba lemparin ke kepala anjing, pasti langsung mati" Huh!! Ga bisa marah, soalnya emang keras hahaha. Dan berakhirlah di tempat sampah hiks. 



250 gr tepung terigu serbaguna
100 gr gula kastor
50 gr brown sugar
1 ½ sdt baking powder
¼ sdt garam
75 gr keju cheddar,cincang kasar
300 gr pisang ambon, kupas, haluskan
2 butir telur
100 gr mentega tawar, lelehkan
¼ sdt vanili bubuk
1 buah pisang ambon, iris melintang ½ cm, untuk hiasan (Erika: gak pake, diganti taburan keju)
Cokelat putih serut untuk hiasan (Erika: gak pake)

Cara membuat :
  1. Panaskan oven pada suhu 200 derajat C. siapkan Loyang muffin berlubang 12 @100 ml, alasi semua lubang dengan mangkuk kertas, sisihkan. Dalam mangkok besar, campur tepung terigu, gula kastor, brown sugar, baking powder, garam dan keju, aduk rata,sisihkan.
  2. Campur pisang lumat, telur, mentega leleh, dan vanili dalam mangkuk lain, aduk rata menggunakan spatula.
  3. Tuang adonan pisang kedalam mangkuk berisi campuran tepung, aduk asal campur menggunakan sendok kayu/spatula (5 kali)
  4. Tuang adonan kedalam 10 lubang cetakan dan biarkan 2 lubang sisanya tetap beralaskan mangkuk kertas. Masukkan ke dalam oven, panggang selama kurleb 25 menit hingga matang.
  5. Keluarkan muffin dari oven, diamkan selama 5 menit, keluarkan muffin dari Loyang, pindahkan ke atas rak kawat. Hias dengan irisan pisang dan cokelat putih serut. Sajikan.

Yang kali ini berhasil bikin muffinnya. Wangi bau pisangnya. Tapi makan satu udah kenyang yah. Teksturnya emang berat banget kalo dibanding cupcake. Cocoknya sih buat sarapan, disajikan bareng teh atau susu coklat anget. Hehehe



Tips: bisa dibaca disini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar