Rabu, 06 Februari 2013

Bread Pizza


Ini kerjaan wiken kemarin. Mengkaryakan sisa bahan topping dari pizza minggu sebelumnya. Tapi kali ini nyobain resep lain. Resepnya berbahan dasar roti, jadi bukan pizza tipis crunchy kayak sebelumnya. Bikin setengah resep, jadinya udah melimpah ruah! 12 buah mini pizza, 1 loyang pizza besar dan masih ada sisa adonan untuk dijadikan roti isi.
Kali ini puaass banget ama hasilnya. Lembut, wangi, gurih. Hihihihi. Walopun bentuknya belum sempurna.
Adonan pertama yang dicetak ketebelan, di resep disuruh nimbang per 16gr, berhubung ga punya timbangan digital, jadilah ilmu kira-kira. Setelah disusun di loyang muffin isi 6, mulai ditekan-tekan membentuk dasar loyang. Nah ini masalahnya, karena adonan yang kuambil terlalu besar, jadinya agak tebal, belum lagi pas difoto-foto dia ngembang lagi kelamaan ditaruh luar. Setelah dipanggang, alamaaaakkk.. Ini mah cupcake topping pizza hahaha. Tebel pisan euy! Untuk loyang kedua, udah punya gambaran seberapa besar adonan yang harus disusun, hasilnya pun lebih bagus.. Tipis kaya pizza mini gitu. Loyang ketiga aku taruh di loyang pizza standard, soalnya kelamaan kalo make loyang muffin, harus gantian karena cuma punya 1. Ternyata masih ada sisa adonan (setengah resep aja buanyaaaak hasilnya), iseng pengen bikin roti isi. Diisi DCC dan quick melted cheese. Jadi 3 biji. Bentuknya? Jangan ditanya.. Ga sama rata hahahaha. Ada yang bulet ada yang peyang. Dan pada saat dipanggang, meletus sempurna isinya (tepok jidat)
Itu difoto bukan sengaja dibuka ya.. Tapi meletus pas dipanggang hihihihi. Yang penting nampang di blog :D


Sumber resep: Hesti Kitchen

Bahan :
- 400 gr tepung terigu protein tinggi
- 200 gr tepung terigu protein sedang
- 70 gr gula pasir
- 1 butir telur
- 3/4 sachet ragi instant (1 sachet = 11 gr)
- 1 sdt garam
- 50 gr margarin
- 300 ml air hangat

Saus Topping :
- 2 siung bawang putih, geprek, cincang halus
- 250 gr bawang bombay, cincang halus
- 1 1/2 botol saus tomat
- gula pasir secukupnya
- garam secukupnya
- merica secukupnya
- 1 1/2 sdm oregano bubuk
- 1 sdt basil
- 500 gr daging cincang
- air secukupnya
- minyak secukupnya untuk menumis

Taburan :
- paprika, potong kotak kecil
- keju mozarella atau quick melt
- jamur kancing kaleng, dipotong potong
- sosis, dipotong potong (tumis sebentar bersama jamur dengan sedikit minyak)

Cara membuat :
Saus : panaskan minyak, tumis bawang putih sampai wangi. Masukkan bawang bombay cincang. Tumis sampai bawang bombay wangi dan warnanya menjadi transparant. Masukkan daging cincang. Tumis sampai berubah warna sambil diaduk aduk. Tambahkan air secukupnya (sekitar 1 botos saus tomat, dimasak sampai air menyusut dan saus menjadi kental). Tambahkan bumbu garam, merica dan gula. Cicipi apa yang kurang. Masak dengan api kecil sampai saus mengental. Ketika lompor mau dimatikan, tambahkan oregano dan basil. Aduk rata dan matikan api. Dinginkan.
Campur semua bahan kering, aduk rata. Tuang telur dan air hangat sambil dikocok menggunakan mixer spiral sampai kalis.
Tambahkan garam dan margarin sambil terus dikocok sampai rata dan elastis. Tutup dengan serbet basah. Fermentasikan 30 menit.
Ambil adonan dan timbang masing masing 16 gr dan bulatkan lalu letakkan di dalam loyang muffin yang sudah dioles margarin. Pipihkan ke samping samping dengan bantuan tangan. Beri saus daging, susun jamur dan sosis serta paprika. Usahakan saus tidak mengenai pinggir loyang agar tidak melengket. Diamkan sekitar 15 menit. Taburi keju mozarella.
Panggang sekitar 10-12 menit dengan panas oven 400 F. Angkat, langsung lepaskan dari loyang.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar