Sabtu, 19 Januari 2013

Tahu Petis


Kalo makan tahu petis ini inget papa dirumah. Ini salah satu makanan favorite kita berdua. Kalo udah makan lupa brenti. Huhuhuhu.. Miss u dad! Karena tinggal di rantau, pengen apa-apa ya musti bikin. Disini mana ada jajanan make petis..semua serba cuko hehehe. Doyan juga sih, tapi tetep kangen makanan lokal daerah asal. Kalo di malang sih lebih enak beli, ada banyak tempat yang jualan. Salah satu yang favorite tahu petis pikulan yang di depan Taman Krida Budaya. Tahunya agak kopong alus diisi petis&brambang goreng, ahhh maknyuuss! Gatau sekarang masih ada gak yah? Atau versi lain di RM Mungil, RM Soponyono atau depot 69. Sama enaknya tapi beda tahu aja. Kalo di 3 tempat itu tahunya gede dan padet. Makan 2 biji udah lumayan kenyang, kalo tahu pikulan bisa 1 porsi abis sendiri (fyi 1 porsi 10 biji!!) hahahaha
Karena disini nemunya tahu cuma 1 jenis, ya sudah itu aja dikaryakan, tinggal digoreng kering biar maknyuuuss. 
Resep ini aku baca-baca dari beberapa blog, aku ambil yang bahannya ada dan aku doyan, jadi resep campuran aja. Tapi cocok di lidah ternyata. 





Bahan: 
100gr petis udang
5 biji tahu putih, goreng kering
3 siung bawang putih, haluskan
Cabe rawit, haluskan
1/2 sdm kecap manis
Garam-gula
Bawang goreng untuk isian

Cara membuat isian petis:
Tumis bawang putih&cabe rawit halus sampai harum, tuangi air masak sampai mendidih. Masukkan petis udang aduk sampai rata. Tambahkan gula&garam sesuai selera. Terakhir masukkin kecap manis. Aduk rata sampai kental&rata. 
Adonan petis akan cepat mengental ketika mulai dingin, untuk kekentalannya tergantung selera aja ya..tinggal tambahkan/kurangi airnya. 

Cara saji:
Potong tahu jangan sampai terputus. Campurkan bawang goreng ke dalam petis lalu isi ke dalam tahu. Sajikan! Gampang kan?
Kalo di Malang biasanya disediakan garam halus untuk taburan di dalam tahu. Tapi optional aja, ga semua orang doyan asin. Kalo aku sih doyan! Soalnya tanpa garam taburnya, rasanya kurang nggigit! 
Silahkan mencoba.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar